PERHATIKAN INI SEBELUM MEMASARKAN PRODUK ORGANIK ANDA
Halo Sobat Cerdas!
Setelah mencoba melakukan usaha memasarkan produk organik dengan mempraktekkan 4P. Sekarang penting bagi perusahaan/usaha Sobat untuk mengetahui strategi pasar yang tepat agar dapat bersaing dengan perusahaan pertanian organik lainnya. Adanya strategi pasar yang tepat diharapkan mampu untuk menciptakan kepuasan konsumen sehingga berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang oleh konsumen pada usaha produk pangan organik Sobat.
Penambahan aspek atau elemen dalam model strategi pemasaran 4P menjadi strategi pemasaran 7P terutama disebabkan oleh semakin berkembangnya bisnis dalam bidang jasa tidak menutup kemungkinan untuk produk organik Sobat. Penambahan 3 aspek yaitu people, process dan physical evidence lebih bertujuan untuk pengambilan keputusan dalam rangka membuat rencana taktik komunikasi pemasaran untuk produk organik Sobat ke depannya.
Rencana tersebut tentunya akan disesuaikan dengan apa yang menjadi target pemasaran dari perusahaan yang dilakukan oleh manajer marketing. Tentang bagaimana strategi pemasaran 3P seperti yang disebutkan di atas akan dibahas lebih dalam dan detail berikut ini.
· PEOPLE
Aspek ini berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM) yang ikut berperan dalam kegiatan usahatani organik. Kualitas dari sumber daya manusia ini sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan usaha pertanian organik Sobat. Hal tersebut dikarenakan, mereka lah yang mempunyai kendali terhadap suatu pekerjaan yang ada di dalam usahatani.
Dengan demikian, sudah tidak mengherankan lagi apabila suatu perusahaan mencari orang-orang yang berkualitas (cerdas, inovatif, kreatif, loyal, dan lain sebagainya). Untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas perusahaan rela mengeluarkan banyak uang. Selain itu untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, terkadang pihak perusahaan melakukan pelatihan dan pengembangan kinerja karyawan. Jika untuk pelaku usaha organik dapat diberikan dengan cara mengikuti seminar atau pelatihan dalam pembuatan pupuk organik, pestisida nabati, ataupun pelatihan untuk mengetahui tentang bagaimana cara melakukan sertifikasi pada produk organik.
· PROCESS
Process adalah prosedur, mekanisme, atau alur yang perlu dilakukan konsumen untuk menggunakan layanan Sobat. Untuk lebih mudahnya, process adalah pengalaman konsumen dari awal mengetahui produk organik Sobat sampai ia melakukan pembelian. Jadi process ini dimulai dari bagaimana konsumen mengetahui produk organik Sobat baik itu dari pasar konvensional, media sosial, digital ads, blog, atau media lainnya. Ketika konsumen tertarik membeli produk organik Sobat, ia harus melakukan order. Proses ini terus berlangsung sampai konsumen menggunakan barang atau layanan yang dibelinya.
Hal terpenting dalam elemen ini adalah konsistensi. Produk atau layanan Sobat harus konsisten. Apa yang Sobat iklankan harus konsisten dengan apa yang didapatkan oleh konsumen. Inkonsistensi produk akan merusak pengalaman konsumen dan kemungkinan terburuknya konsumen tidak mau menggunakan produk/layanan Anda lagi.
· PHYSICAL EVIDENCE
Aspek bukti fisik ini bisa diartikan sebagai penampilan fisik suatu usaha yang meliputi tampilan tempat usaha, produk, pelayanan dan juga design pendukung lainnya. Dalam marketing mix, aspek ini cukup penting. Hal tersebut karena penampilan yang bagus dan baik adalah langkah awal seorang konsumen untuk datang dan mengkonsumsi produk yang ditawarkan.
Semakin bagus dan baik penampilan fisik suatu usaha, maka akan semakin banyak memperoleh perhatian dari para konsumen. Perusahaan harus menyadari pentingnya dalam penataan ruang interior yang asri, rapi dan futuristic dapat berupa pengalaman untuk memetic buah atau sayur secara langsung, tampilan produk yang menarik, mudah diingat dan produk masih fresh, serta penampilan para pelayan yang profesional.
Sangat membantu bukan Sobat?
Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut tentu saja akan tercipta suasana yang khas dan memberikan rasa nyaman untuk menikmati produk organik bagi konsumen. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan pengalaman yang menarik dalam pemakaian / mengkonsumsi produk yang Sobat tawarkan.
“Delighting Organic Buffs”
Sumber:
· https://www.niagahoster.co.id/blog/marketing-mix/
· https://mastahbisnis.com/marketing-mix-bauran-pemasaran/
· https://images.app.goo.gl/uTZ6VWRrQdnnrUbm8
Farida. 2019. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Produk Pangan Organik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 4. (2):295–306.
Comments
Post a Comment